Tugas Kelompok Softskill (Membuat Animasi)


MAKALAH

MEMBUAT ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON



DISUSUN OLEH

ANGGOTA KELOMPOK :           Fauzi Syahputra Latif       (12115570)
Luviana Riati                       (13115910)
                                                        Motika Okprima Zahara (14115315)
                                                        Muhammad Farhan           (14115579)
                                                         Muhammad Iqbal S.P        (14115656)
                                                         Muhammad Irfan F            (14115663)
                                                         Nabillah Syifauzzuhrah     (14115896)
                                                         Panca Laraswati                 (15115297)

KELAS                                  :           3KA02
DOSEN                                  :           Eel Susilowati




FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018

ABSTRAK
MEMBUAT ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON
Tujuan pembuatan animasi yaitu untuk mengetahui cara membuat animasi yang baik dan benar dengan menggunakan aplikasi plotagon, pada animasi terdapat beberapa dialog mengenai kehidupan sehari-hari. Pada pembuatan animasi ini digunakan narasi dan dialog untuk mengisi pembicaraan pada tiap adegan-adegan yang ada di scene tersebut, selain itu pada adegan-adegan dapat diberi input suara untuk memberikan penjelasan pada animasi yang kami buat dan memberikan backsound untuk setiap adegan yang ada di scene.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
        Perkembangan dunia animasi komputer yang pesat memerlukan waktu yang tidak sedikit juga. Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang mampu menyajikan gambar-gambar bergerak hasil dari rekaman kegiatan dari makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Jika dikomparasikan dengan gambar foto atau lukisan yang diam(tidak bergerak) maka secara umum animasi lebih disukai penonton karena mampu membangkitkan antusiame dan emosi.
       Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dalam dunia film animasi sekarang ini perkembangannya semakin cepat. Film pada dasarnya adalah sekumpulan gambar yang bergeral dan memiliki maksud dan tujuan. Ada berbagai macam jenis film yang ada saat ini diantara salah satunya adalah film pendek. Film pendek biasanya hanya berdurasi beberapa menit saja. Sekarang ini film dibedakan secara teknis ada dua yaitu film yang menggunakan talenta dan film animasi itu sendiri.
        Film pendek banyak dihasilkan dari sebuah aplikasi seperti di komputer atau di handphone dan membuat sebuah cerita yang menarik yang dapat melirik minat penonton untuk menonton film pendek dari hasil yang telah dibuat. Untuk memenuhi tugas softskill dari dosen ibu Eel Susilowati, kami membuat makalah tantang pembuatan animasi menggunakan software Plotagon. Pada software Plotagon ini sangat membantu dalam pembuatan animasi dialog dan animasi yang lainnya .
1.2    Ruang Lingkup
       Pada makalah ini menjelaskan tentang cara pembuatan animasi menggunakan software Plotagon ,mulai dari cara menginstall aplikasi  lalu cara memilih pemeran dan mengisi dialog yang akan dibuat, dan melakukan dubbing atau mengisi suara untuk memperjelas dialog yang disampaikan pada animasi ini.
1.3    Tujuan Penulisan
Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai bagaimana cara membuat animasi menggunakan software Plotagon dan menjelaskan cara pembuatan animasi melalui langkah demi langkah supaya pembaca mengetahui cara menggunakan software Plotagon.
1.4    Metode Penelitian
       Dalam penyusunan makalah ini penulis menggunakan studi pustaka dengan cara mencari data melalui internet dan melakukan percobaan langsung ke software yang telah di download.
1.5    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang akan disusun oleh penulis terdiri dari :
        BAB 1 : PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dibahas latar belakang yang mendasari penulisan ini, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penulisan serta sistematika penulisan.
BAB 2 : PEMBAHASAN
Pada bab ini akan dibahas tentang tahapan – tahpan pembuatan banner.
BAB 3 : KESIMPULAN
               Pada bab ini berisi kesimpulan dari makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN
Cara Membuat Animasi Menggunakan Aplikasi Plotagon
Hal yang kita lakukan kita bisa mendownload aplikasi ini lewat Playstore. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis.


Jika kalian tidak bisa mendownloadnya di playstore kalian bisa mendownloadnya melalui APKPure. Tentunya kalian harus punya apk purenya terlebih dahulu dengan cara mendownloadnya lewat google.
Di dalam aplikasinya terdapat ikon berbentuk camera, disitu tempat kalian bisa membuat cerita dan mendesign characters sendiri. Di plots adalah tempat kalian untuk membuat alur cerita, kalian akan menemukan contoh alur cerita yang sudah ada. Kalian bisa membuat alur cerita baru dengan men-klik tombol Create new plot.
Di kolom characters ini berisi animasi orang yang bisa kita muat dalam cerita kita. Tentu kita bisa membuat characters baru sesuai dengan peran yang kita ingin mainkan di cerita kita, dengan men-klik Create new characters disitu kalian bebas men-setting characters kalian sendiri.

Di kanan atas kalian akan melihat ikon shop, disitu kalian bisa membeli charaters dan scenes yang sudah ada di plotagon.Tapi saya hanya memakai yang freenya saja.
Nah sekarang saya akan memberitahu anda cara membuat animasi di plotagon :

  1.      Buka terlebih dahulu aplikasi plotagon, klik ikon camera lalu untuk membuat cerita yang baru kalian bisa mengklikCreate New Plot.
  2. Ketika kalian men-klik create new plot maka akan muncul layar hitam dan blank space dibawahnya. Layar hitam untuk menampilkan gambar dari animasi kita sedangkan blank space untuk men-setting animasi.
3. Selanjutnya untuk menampilkan tempat kita bisa men-klik ikon clip yang ada dikiri atas, lalu akan muncul tulisan di blank space. Ketika kita klik tulisan Location kita bisa memilih tempat atau latar belakang yang kita mau.Contohnya saya akan memilih tempat di Living Room, lalu layar akan muncul gambar dari Living Room begitu juga jika kalian memilih tempat yang lain.



4.      Ketika sudah memilih tempat Living Room di bawah akan ada text yang berupa character is to the left by the door, jika kalian klik tulisan character disitu kalian bisa memilih charaters yang kalian akan kalian tampilkan, lalu untuk tulisan to the left by the door itu bisa kalian klik juga yang bertujuan untuk men-setting posisi character kalian.



5. Contohnya saya akan memilih character Samir dan meletakkan posisi Samir duduk di sofa sebelah kiri. Maka akan muncul digambar character kita dan posisinya. Tentunya kalian bisa menambahkan character satunya lagi seperti yang ada di text.
6. Selanjutnya untuk menambahkan dialog kita bisa men-klik ikon dialog yang berada diatas. Lalu di blank space akan muncul sebuah text. Ditulisan itu kita akan memilih character mana yang akan kita masukkan dialognya dan juga menentukan ekspresi character yang berada didalam kurung. Setelah kita menentukan character dan ekspresi kalian bisa mengetik kalimat yang akan character kalian ucapkan.




    7. Kalian juga bisa menganti suara character menjadi suara kalian, dengan cara klik ikon mic disebelah text, ketika kalian klik kalian bisa merekam suara kalian sendiri dan mengubah suara character menjadi suara kalian sendiri.
Untuk langkah-langkah selanjutnya, silahkan download : 

dan untuk melihat hasil animasi yang dibuat, silahkan buka :


  
BAB III

KESIMPULAN
       Aplikasi Plotagon merupakan software untuk membantu anda dalam pembuatan animasi yang baik dan benar, dengan penggunaan yang mudah juga dapat memasukkan suara kedalam animasi supaya dialog yang disampaikan pada animasi dapat didengar dengan jelas.

REFERENSI 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Softskill - Membuat Animasi Sederhana

Tugas Kelompok Softskill (Membuat Banner)

Tugas Ilmu Sosial Dasar