Tugas 3 IBD "Film Pahlawan"

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR


LUVIANA RIATI
[13115910]


1KA19
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015/2016





REVIEW TENTANG FILM PAHLAWAN

MEGAMIND



Sutradara         : Tom McGrath
Produser          : Lara Breay
                          Denise Nolan Cascino
Penulis            : David Lindsay Abaire
                          Jeanine Tesori 
Pengisi Suara  : Will Ferrell
                          Tina Fey
                          Jonah Hill
                          David Cross
                          Brad Pitt
Musik              : Hans Zimmer
                          Lorne Balfe
Sinematografi : Phil "Captain 3D" McNally
Perusahaan      : DreamWorks Animation
Produksi          : Pacific Data Images
                          Red Hour Productions
Distributor       : Paramount Pictures
Tanggal Rilis   : 28 Oktober 2010 (Rusia)
                           5 November (Amerika Serikat)
Durasi              : 96 Menit
Negara             : Amerika Serikat
Bahasa             : Inggris
Anggaran         : $130 Juta
Pendapatan      : $293.105.384


Review

Di sebuah Planet cukup jauh dari organisme Bumi, Lahirlah  Megamind kecil (Will Ferrell). Hidup megamind kecil cukup menyedihkan , karena ia harus meninggalkan orangtuanya dan pergi ke planet lain karena planet tempat tinggalnya diambang kehancuran akibat blackhole.

Megamind dan Minions (David Cross) sebuah ikan alien kecil adalah satu-satunya yang dievakuasi dari planet . Megamind akhirnya mulai mencari takdirnya dari pesawat yang kecil . namun ide itu juga dilakukan oleh alien berwujud manusia dari planet Blaupunk Spunk disitu terlahir Mr.Goody Two Shoes (Metro Man). Persaingan Megamind dan Mr. Goody Two Shoes dimulai disini , di mana mereka berebut tempat tinggal di Bumi , Akhirnya pesawat Mr.Goody Two Shoes terdampar di rumah mewah orang kaya dan di adopsi karena ketampanannya, nasib lain berbeda di mana pesawat Megamind terdampar di lapangan Penjara dan diadopsi oleh para tawanan serta diajarkan bahwa menjadi buruk & jahat adalah hal yang yang baik.

Megamind dan Minion dibimbing oleh Warden polisi utama penjara dan disekolahkan ditempat yang sama dengan Mr.Goody Two Shoes.Namun teman-teman lain mengkambing hitamkan Megamind karena ia berasal dari penjara. awalnya Megamind adalah sesosok anak yang baik dan kesepian, ia berusaha menunjukan kepintarannya dengan membuat berbagai macam alat agar dipuji oleh teman-temannya namun semua alatnya tidak ada yang berhasil dan hampir mencelakai semua orang, beruntung Mr. GoodyTwo Shoes cepat bertindak dan menyelamatkan semua orang dari bencana itu. Karna hal itu Megamind makin dijauhi oleh semua orang dan membuat dirinya menjadi sesosok Penjahat

Bertahun-tahun Kemudian Persaingan Megamind dan Mr. GoodyTwo Shoes yang telah mengganti nama menjadi Metro Man (Brad Pitt) Mulai bertarung demi kekuasaan , di mana Metro man memihak yang baik dan melindungi Metro city , dan Megamind memihak kejahatan dan menghancurkan seluruh Metro City. Namun Megamind Selalu kalah dan akhirnya selalu saja dipenjara dan akan bebas dengan cara yang unik. Suatu Hari Megamind menculik Reporter cantik bernama Roxane ritchiee (Tina Fey) yang cukup dekat dengan Metro Man . Metro Man mencoba untuk menyelamatkan Roxane , namun gagal dan akhirnya tertangkap di Obsevatorium dari Tembaga , Megamind kaget karena ternyata kelemahan Metro Man adalah Tembaga , Metro man akhirnya hancur menjadi kerangka karena Tembakan Sinar Matahari yang begitu Panas.



Dengan Hilangnya Metro Man , Megamind menjadi Walikota dan mulai menghancurkan dan berbuat keonaran di seisi kota.Namun lama kelamaan , Megamind dan Minions merasa bosan dan Akhirnya mempunyai ide untuk menciptakah Superhero baru dengan cara yang unik agar bisa bertarung kembali. Dan Superhero baru pun terlahir yaitu Hal Stewart (Jonan Hill) yang seorang teman sekaligus Kameramen Roxanne . Hal diajarkan Megamind dan Minions yang menyamar menjadi ayah dan ibu Luar Angkasanya agar mempunyai kekuatan dan kelincahan Metro Man agar suatu hari dapat melawan Megamind dan Minions . Namun hal itu berbalik karena cinta Hal yang ditolak Roxanne . Hal pun akhirnya menjadi sosok criminal dengan nama Tighten (nama yang diberikan oleh Megamind sebagai nama pahlawan supernya), megamind yang kecewa akhirnya memancing Tighten agar dapat bertarung melawannya . Tighten yang akhirnya marah & terpancing mulai melawan Megamind , Namun ternyata Tighten lebih kuat daripada Metro Man , Berbagai cara pun dicoba oleh Megamind untuk membuat Tighten Kalah.

Roxanne mengajak Megamind ke markas Metro Man dan menemukan fakta bahwa ternyata Metro Man masih hidup . Megamind pun benci tentang kejadian ini,Megamind hanya ingin Metro Man kembali menjadi  Superhero dan menghadapi Tighten .Tetapi Metro Man berkata ia tidak bisa kembali karna karirnya sebagai superhero sudah berakhir dan ia memilih hidup untuk bermusik. Ia juga mengatakan pada Megamind ”Selalu ada Yin untuk Yang,selalu ada Hero untuk penjahat,dan aku tahu sifat Yin ada didalam dirimu, Megamind..”.



Megamind yang kecewa terhadap keputusan Metro Man pun akhirnya memilih menyerahkan diri ke penjara. Ia menyadari bahwa dirinya adalah orang jahat dan tidak pantas untuk menjadi Pahlawan.


Saat dirinya didalam penjara Megamind tersadar ia tidak bisa hanya diam saja ketika melihat berita bahwa Metro City hancur dan wanita yang selama ini dia cintai, Roxanne dalam bahaya . Ia pun keluar dari penjara atas bantuan Minion.Pada Akhirnya Megamind dan Minion berhasil mengalahkan Tighten dan Megamind menjadi superhero MetroCity.


Film ini juga menyajikan sebuah plot twist dimana seorang penjahat akhirnya berubah menjadi seorang Pahlawan super. Animasi yang digunakan Megamind cukup atraktif, terutama versi 3D-nya. Cerita yang amat familiar berhasil membuat Megamind menjadi tidak membosankan walaupun konsep penjahat/pahlawan agak unik.
 Megamind mempunyai beberapa momen yang lucu, pronounce yang unik, dan referensi sosio politik. Tetapi film ini tidak terlalu "dihargai" karena menampilkan sosok penjahat sebagai pahlawan.

Film ini menampilkan dekonstruksi yang sangat menarik buat saya. Menonton film ini sebenarnya tidak dengan antusias pada awalnya, apalagi saya sama sekali tidak membaca resensinya, karena poster yang ditampilkan tidak terlalu menarik (seperti cerita alien yg datang ke bumi). Setelah menonton saya betul-betul terkesan.. Secara berlebihan, saya mengambil satu pelajaran dari film ini: Kekuatan cinta dapat membuat hal buruk menjadi hal yang lebih baik 
"There's a Benefit to losing. 
You get to learn from your mistakes 
-Megamind-"  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Softskill - Membuat Animasi Sederhana

Tugas Kelompok Softskill (Membuat Banner)

Tugas Ilmu Sosial Dasar